News

Walikota Solo Minta Supaya Anggaran Kunjungan Kerja Dialihkan

Walikota Solo Minta Supaya Anggaran Kunjungan Kerja Dialihkan

7uplagi.com – Walikota Solo Minta Supaya Anggaran Kunjungan Kerja Dialihkan

Walikota Solo Minta Supaya Anggaran Kunjungan Kerja Dialihkan

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo memandang kunjungan kerja (kunker) bukan agenda yang begitu penting. Hingga semua program kerja pemerintah kota masih dapat dilaksanakan tak perlu menggelar kunker. Biaya bisa jadi diarahkan untuk kebutuhan lainnya yang lebih berguna.

Untuk itu, Rudy memberikan instruksi pada anak buahnya supaya lakukan penghematan pos biaya kunker di semua organisasi perangkat daerah (OPD). Langkah tersebut ikut ditujukan menjadi usaha Pemkot mengubah biaya untuk prioritas pekerjaan pembangunan.

“Kunjungan kerja bukan agenda begitu penting. Semua program kerja Pemkot masih bisa dilaksanakan tiada menggelar kunker,” tuturnya di Solo, Kamis (22/11).

Berdasar pada hasil pantauannya, pekerjaan kunker kurang berefek pada Pemkot dan masyarakat. Dia mengatakan, biaya kunker akan lebih baik diarahkan ke pos lainnya, seperti pembangunan infrastruktur atau pertolongan kesehatan dan pendidikan.

“Lebih baik diarahkan untuk infrastruktur atau pertolongan kesehatan dan pendidikan. Akhirnya lebih riil, dirasakan masyarakat,” tuturnya.

Rudy menuturkan, saat ini beban biaya pemkot untuk pekerjaan fisik lumayan besar. Tidak hanya untuk mengakhiri pembangunan rumah sakit umum daerah (RSUD) Semanggi, flyover Purwosari dan Pasar Klewer, Pemkot Solo ikut bangun kembali Pasar Legi yang terbakar akhir Oktober lalu.

“Kita harus juga mempersiapkan biaya pendamping untuk proyek-proyek yang dibiayai Pusat atau Propinsi. Yang pasti biaya terbesar besok terlalu fokus penyelesaian RSUD Semanggi dan Pasar Legi,” katanya.

Sedangkan untuk tahun depan, susunan biaya Pemkot ikut akan diutamakan untuk penambahan di bidang sdm (SDM). Pemkot fokus alokasi Dana Pembangunan Kelurahan (DPK) 2019 contohnya untuk penambahan SDM. Di lain sisi bagian pekerjaan fisik diminimalkan.

Comments
To Top